Jumat, 30 November 2012

BAHASA INDONESIA SEMESTER 1


Menulis Proposal
            Proposal disebut usulan kegiatan proposal adalah rencana kegiatan yang di tuangkan dalam bentuk rancangan kerja.proposal di ajukan dengan tujuan mendapatkan izin atau persetujuan atas kegiatan yang akan di laksanakan .adakalnya proposal di ajukan untuk memohon bantuan dana. Isi proposal harus menampilkan hal atau masalah yang di usulkan dengan baik agar dapat meyakinkan penerima proposal untuk mensetujui proposal tersebut Unsur-unsur prpposal sebagai berikut
1.      Pendahuluan (latar belakang masalh)
Latar belakang masalah menguraikan dengan jelas dan singkat tentang pokok permasalaha .latar belakang masalah harus berdasarkan isi dan tujuan proposal. Latar belakang masalah juga menunjukan betapa pentingnya permasalahan tersebut untuk segera di selesaikan. Anda perlu tau juga ada proposal yang tidak mencantumkan latar belakang masalah . akan tetapi. Dalam proposal tersebut dicantumkan dasar pemikiran .
2.      Maslah atau perumusan masalah
Masalah yang di ungkapkan harus berkaitan dengan objek penelitian atau kegiatan. Penetapan masalah harus berdasarkan uraiyan yang di gambarkan dalam bagian pendahuluan, dasar pemikiran, atau latar belakang masalah
3.      Tujuan
Tujuan mengungkapkan maksud diadakan kegiatan atau acara
4.      Sarana
Sarana ditujukan kepada siapa kegiatan tersebut di lakukan
5.      Pelaksanaan atau teknik pelaksanaan
Tekniuk pelaksanaan adalah cara menyelesaikan permasalahan yang di ajukan dalam proposal.Teknik pelaksanaan ini disampaikan untuk meyakinkan penerima proposal bahwa permasalahan tersebut dapat di selesaikan secara logis dan tepat.
6.      Jadwal Pelaksanaan
Jadwal pelaaaksanaan di buat berdasarkan waktu,jenis  kegiatan, dan orang yang menangani kegitan,.Jadwal pelaksanaan ini memberikan gambaran tentang kegiatan dari awal hingga akhir.





7.      Anggarn
Anggaran adalah biaya yang di perlukan untuk menyelesaikan permasalahan yang di ungkapkan dalam proposal.Bagian ini menyajikan anggaran yang di prlukan secara efisien, objektif, dan logis.Artinya,biaya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang di perlukan.Biaya yang di perlukan dirinci berdasarkan jenis kegiatan dan memperhatikan harga yang sesuai.
8.      Penutup
Penutup berisi kesimpulan,rangkuman, dan harga terhadap uraian yang disampaikan.
Selain itu.penutup juga berisi tempat,tanggal, penyusun proposal, tanda tangan , dan nama penanggung jawab proposal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar